Sabtu, 20 November 2010

Bela Diri Shorinji Kempo Suatu Sistem Pembelajaran Pengembangan Sumber Daya Manusia

Bela Diri Shorinji Kempo Suatu Sistem Pembelajaran Pengembangan Sumber Daya Manusia
 



Pada tahun 1928 seorang tentara Jepang bernama So Doshin dikirim ke Tiongkok dalam pasukan ekspedisi tentara Jepang ke Manchuria. Pemuda So Doshin tidak sepaham dengan tidakan Jepang menjajah Negara lain. Lalu ia melarikan dri dari pasukannya. Dalam pengembaraannya, ia bertemu dengan seorang pendeta budha yang membawanya ke Kuil Shiauw Liem Sie.

Setelah sekian lama berlatih, So Doshin diberi penghormatan tertinggi menjadi maha guru ke-21 dan diperbolehkan meninggalkan Kuil Shorinji untuk meneruskan ajaran Siu Lim Kun Pai Fu atau Shorinji Kempo dalam ejaan Jepangnya.

Pemuda So Dhosin memiliki impian membangun Jepang dari kehancuran akibat Perang Dunia II. Beliau meliatih murid-muridnya dengan disiplin yang keras. Namun di balik gemblengan fisik yang keras beliau menempatkan bela diri ini sebagai pengayom hati da jiwa dengan penuh rasa damai dan welas asih bagi para muridnya.

Kenapa Bela Diri Shorinji Kempo merupakan suatu sistem pembelajaran pengembangan sumber daya manusia?

Metode Latihan

Dalam berlatih Bela Diri Shornji Kempo ada 2 proses latihan yang dilakukan secara bersamaan, yaitu gerak fisik melakukan teknik-teknik bela diri Kempo dan olah fikir untuk memahami logika gerakan teknik bela dirinya. Teknik dalam Bela Diri Kempo merupakan gabungan teknik keras : pukulan, tendangan, tangkisan yang disebut Goho dan teknik lunak : kuncian, bantingan, lipatan yang disebut Juho. Kedua teknik di atas harus dilatih secara bersama-sama dan tidaka boleh secara terpisah.

Teknik Bela Dirinya

Teknik bela dirinya diciptakan oleh Pendeta Budha yang bernama Tatmo Cowsu. Tujuan Bela diri Kempo diciptakan pada masa itu adalah untuk melatih para biksu sehinggan mampu menyebarkan agama budha pada saat tu dengan tantangan yang dihadapi baik dari kondisi alam maupun manusianya. Di dalam falsafah Bela Diri Kempo tedapat ajaran : Fusatsu Katsuji, yakni dilarang membunuh tapi memperlakukan secara manusiawi. Teknik bela Diri Kempo mengutamakan bertahan dan menyerangnya disesuaikan. Bila musuh bias dikalahkan dengan teknik kuncian saja, maka tidak harus menggunakan teknik keras, pukulan atau tendangan.

Sistem Ujian Kenaikan Tingkat

Ada 2 hal yang diujikan dalam ujian kenaikan tingkat, yakni ujian teori dan ujian praktek. Ujian praktek adalah menguji ketrampilan fisik seorang kenshi (atlet Kempo). Sedangkan ujian teori untuk menguji pemahaman dan logika dari teknik Bela Diri Kempo serta memahami sejarah dan falsafah bela Diri Kempo. Sehingga seorang kenshi tidak semata-mata hanya menjadi seorang jagoan bela diri saja.

Latihan Kepemimpinan Organisasi

Seorang kenshi selain mahir/menguasai teknik Bela Diri Kempo juga harus memiliki ketrampilan manajerial. Mereka tidak boleh semata-mata mengikuti latihan hanya untuk menguasai teknik bela dirinya. Jadi, seorang kenshi juga dipersiapkan untuk menjadi pengurus dan asisten/pelatih dojo tanpa kecuali di mana hal ini secara tidak langsung memberikan pengalaman berorganisasi dan latihan kepemimpinan.

Tujuan Akhir
Pembelajaran dalam Bela Diri Kempo menyentuh beberapa aspek, yaitu Aspek Fisik, untuk kebugaran dan menjada kesehatan tubuh, Aspek Metal, untuk membangun karakter pribadi yang rendah hati dan berjiwa sportif, dan Aspek Kepemimpinan, di mana setiap kenshi sejak dini dididik dan dipersiapakan untuk mengembangkan kemampuan memimpin yang ada dalam dirinya.

1 komentar:

  1. Bela diri kempo adalah bela diri asal Jepang yang banyak jurus bantingan

    BalasHapus